Berbisnis dan Perspektif Strategi Pemasaran

By : Ardianus Laurens

Pendahuluan :

Era persaingan dunia bisnis sekarang semakin competitive (berdaya saing). Banyak usaha yang semakin bermunculan dengan membawa ciri khas masing-masing. Namun banyak pula yang mengikuti pasar yang sudah ada dengan menjadi market follower (pengikut). Pelaku bisnis (yang baru atau yang sudah terjun ke dunia bisnis) harus mempunyai cara yakni strategi dalam menghadapi persaingan untuk berkompetisi di dunia bisnis.

Pembahasan :

  1. Pemasaran
  • Konsep Inti :
    • Keinginan … ?
    • Kebutuhan … ?
    • Permintaan … ?
  • Segmentasi Pasar (Siapa konsumen kita ?)
    • Cari tahu apa yang mereka inginkan, butuhkan dan minta dari produk kita.
  • Produk yang dibuat harus laku dipasar supaya tidak terjadi pemborosan/kerugian.

2. Strategi Bersaing

  • Persaingan
    • Lihat siapa pesaing yang ada (terdekat) disekitar kita .
    • Apa yang sudah pesaing kita lakukan ?
    • Apa yang membedakan barang/produk kita dari pesaing (keunikan/sulit ditiru).
    • Selalu mencari tahu tentang sesuatu yang baru (tren/mengikuti perkembangan).
    • Cara Memasarkan
      • Bergabung dengan kelompok-kelompok atau asosiasi USAHA.
      • Bergabung dengan KOPERASI yang Berbadan Hukum dan Sah.
      • Menjalin kerjasama dengan MITRA
      • Meminta bantuan keluarga, anak dan sanak saudara terdekat.

3. Motivasi Bisnis (sumber : Majalah Bisnis UKM 2015)

  • Cari ide-ide baru
  • Melawan ketakutan akan perubahan
  • Tidak mudah menyerah
  • Menerima opini dan pendapat orang lain
  • Memperbanyak pengetahuan

4. 7 Strategi Bisnis yang wajib dimiliki Wirausahawan (sumber : Majalah Bisnis UKM 2015)

  • Berani berpikir kreatif dan segera mulai melangkah
  • Mulailah dari lingkungan anda
  • Tetapkan biaya produksi yang proposional
  • Memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas
  • Terus kembangkan brand/merek anda
  • Tumbuhkan bakat berwirausaha
  • Siap menghadapi berbagai resiko

Kesimpulan :

Bagi para pengusaha muda dan bagi mereka yang ingin memulai bisnis, segera memikirkan rencana bisnis anda. Tentukan arah dan tujuan bisnis yang anda ingin raih. Lihat disekitar anda dan ikuti perubahan serta tren yang sedang terjadi. Adaptasi dengan perubahan tersebut kemudian ciptakan langkah strategi apa yang hendak anda ambil.

 

~ oleh Ardianus Laurens Paulus pada September 13, 2017.

Tinggalkan komentar